easy clutch
easy clutch
  Nyaman saat macet     Engine Break System     Akselerasi Penuh     Hemat Kanvas Kopling     Hemat Kanvas Rem     Hemat Pemakaian BBM     Kendaraan Tetap Original  
EZ-Matic Center
EZmatic JAKARTA
Jl. Kelapa Hybrida Raya PE 10 No.6
Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara
Tel. : (021) 4526378 / 4531905
HP. : 0821 10 226622
Email 1 : daniel@easy-matic.com
Email 2 : info@easy-matic.com
EZmatic BANDUNG
HP. :0816 621 322 / 0878 22 44 00 88
Email : info@easy-matic.com
Freauently Ask & Question - FAQ Easy Matic
TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Easy Clutch memasang transmisi otomatis tanpa ganti mobiil. Bagi yang sudah terlanjur membeli mobil dengan transmisi manual, tidak usah berkecil hati dengan banyaknya mobil bertrasmisi otomatis. Jangan juga iri bila pengemudi mobil sebelah tenang- tenang disaat macet, apalagi dalam waktu yang lama ,melakukan stop and go terus menerus.
Bila juga ingin santai dan nyaman saat berkendara mengapa tidak dipikirkan untuk mengganti transmisi manual menjadi transmisi otomatis, kalau tidak ingin harus memngganti mobilnya sekalian
Sebenarnya telah cukup lama menjadi trend untuk mengganti transmisi manual menjadi otomatis. Lihat saja di Tabloid yang berkaitan industri otomotif, banyak di tawarka penggantian unit trasmisi secara utuh dengan unit transmisi otomatis limpahan junkyard dari Singapura yang masuk ke Indonesia.
Tapi, selain mendapatkan barang hasil rekondisi, bagi yang masih menginginkan akselerasi secepat manual pasti akan sulit menerima lambatnya akselerasi transmisi otomatis. kalaupun tetap ingin akselerasi secepat manual, banyak yang harus di rubah, mesin misalnya. Tetapi ini pun pasti akan mengeluarkan biaya lagi yang pasti tidak kecil.
Alternatif lain, ingin nyaman dalam perjalanan tetapi tidak juga mengurangi akselerasi secepat manual.Dalam hal ini dulu ada beberapa produk yag ditawarka seperti, Auto Clutch/Easy Clutch, Hand in Hand, Power Clutch, Twin Clutch. Tetapi memang tampaknya hanya Easy Clutch/Autoclutch yang bertahan.
"Cara kerjanya Easy Clutch ini hanya memindahkan fungsi kopling secara elektrik. Sedangkan cara kerja trasmisi sendiri masih manual. Keuntungan lain, walaupun masuk gigi satu dan pedal gas tidak di tekan, mesin mobil tidak akan loncat dan mati", ujar Suyono Yusuf dari Easy Clutch. Tapi begitu pedal gas di tekan sedikit, akan terasa mobil bergerak perlahan.
Manfaatkan Sensor
Cara kerja Easy Clutch ini memanfaatkan beberapa sensor yang di olah dalam Central Processing Unit (CPU). Kondisi megemudi baik itu kerja rem, kerja kopling dan putaran mesin di olah di CPU ini.
Kemudian ada yang disebut Actuator, yang tugasya menerima perintah dari CPU untuk menekan maupun melepaskan sistem kopling. Terakhir yang juga merupakan bagian dari Easy Clutch adalah Change Mode Button.
Enaknya lagi, kalau biasaya degan transmisi otomatis tidak ada Engine Breake yang memaksa rem bekerja keras. Di Easy Clutch masih terasa Engine Break yang dapat diatur melalui Change mode button, sama seperti mengatur akselerasi
"Engine Break yang dihasilkan pun tidak akan membuat penumpang terdorong ke depan. Bagi yag tidak memakai sabuk pengaman pun," ujar Suyono. Penumpang tidak terdorong ke depan, secara mendadak, ban tetap menggigit aspal degan baik. Ban juga tidak cepat habis, "ungkap Suyono seraya mengatakan bahwa kopling bekerja sehalus mungkin pada saat itu.
VERSI 2002
Untuk versi 2002, ada penambahan tombol pada tongkat perseling. Yang biasanya hanya ada tombol untuk membebaskan kopling, sekarang ada tombol Hill Switch. Sesuai namaya Hill Switch, digunakan ketika mobil akan mulai bergerak di tanjakan. Biasanya ketika ditanjakan banyak yang kesulitan untuk kembali melaju mulus. Caranya, tekan pedal rem diikuti menekan tombol Hill Switch. Lepas injakan dari pedal rem dan mobil tidak akan mundur. Ketika itu kopling berada di ujung sekali dengan platnya, tidak menghabiskan plat kopling.


diambil dari
LEO PRIRANDOYO, S.T
Leoteknik.blogspot.com
Komparasi Transmisi Semimatic VS Full Otomatik
Antisipasi kemacetan yang semakin menggila di jakarta banyak pemilik kendaraan menukar trnsmisi manual dengan peranti matik bekas. Enggak hanya itu, di pasaran pun sudah dijual peranti pengubah transmisi manual menjadi semimatik. Namanya Easy Clutch. Model terbarunya dilengkapi kontrol elektronik. Pilih full otomatis atau semimatilk?
GESER TUAS
Untuk harga transmisi matik bekas bisa didapat dengan kisaran sekitar Rp 6-30 Juta. Itu sudah termasuk ongkos pasang. Tergantung kondisi dan jenis mobil biasanya sudah termasuk gear boks dan tuas transmisi plus garansi 2 Tahun. Pemasanganya butuh waktu sekitar 3-7 hari. " Harus satu merek, enggak bisa kawin silang, " terang Ricky Ricardo, dari bengkel Ricardo matic di bilangan tanggerang.
Jadi masalah lantaran konsumen enggak tahu kondisi gearboks yang di beli. kalau dapat bagus bisa tahan lama, jelek bakal cepat jebol. " Lebih bagus pilih yang eks Singapura daripada yang lokal. Sebab disana perawatanya lebih baik."
Selama pemakaian perlu juga dilakukan perawatan agar lebih tahan lama. Yaitu dengan melakukan ganti oli setiap 5.000 km dan kuras setiap 20.000 km. "Siapkan dana sekitar Rp 40.000 x 3 liter untuk ganti oli. Sedangkan jika kuras perlu 7 liter oli ditambah ongkos Rp 100 ribu."
Sementara Easy Clutch di jual dengan harga Rp Rp 8.5 Juta. Terdiri dari actuator, CPU, Gear knob dan peranti kecil lainnya. bisa digunakan pada semua jenis mobil tanpa melakukan perubahan pada komponen standar mobil. Waktu pemasangan, untuk mobil jepang sekitar 1 hari, Sedangkan Eropa ditambah satu hari lagi. "Agak lama lantaran biasanya komponennya agak sedikit rumit," Terang Daniel S Martio dari Easy Clutch di bilangan kelapa gading Jakut.
Cara kerjanya, untuk menggantikan tugas kaki kiri menekan pedal kopling, perangkat ini dilengkapi aktuator. Peranti akan bekerja memompa minyak rem seperti saat pedal kopling diinjak sesuai dengan tingkat putaran mesin. Datanya diambil dari sensor yang di pasang pada koil atau takometer mobil dan dikirim ke CPU. Dari CPU data di kirim ke aktuator untuk mengatur berapa besar tekanan minyak rem yang dibutuhkan. Mau setengah kopling atau penuh.
Agar dapat dipakai lebih lama dan tetap nyaman perlu juga dilakukan perawatan berkala. Dianjurkan servis setiap 3-6 bulan, tergantung pemakaian. Alasanya, untuk memnyesuaikan kondisi mesin dan kampas kopling dengan perangkat Easy Clutch. "Penyetelan mau meningkatkan akselerasi atau main lembut bisa dilakukan melalui CPU.
Untuk pemakaian, membuktikan produk mana yang paling nyaman, OTOMOTIF sempat melakukan pengetesan. Kalau matik, tinggal geser tuas ke D, trus injak pedal gas mobil langsung ngacir. Pengemudi enggak perlu repot memindahkan tuas persneling. Otomatis perpindahan gigi akan mengikuti perputaran mesin. Kecuali kalau melewati tanjakan atau turunan. Lainnya, jika mau mengerem mendadak, mesi enggak bakalan mati. Mau berakselerasi harus injak pedal gas dalam-dalam.
Sedangkan jika memakai Easy Clutch, pengemudi tetap harus melakukan pergeseran tuas perseneling dengan menggunakan tangan. Tetapi tanpa perlu menginjak pedal kopling. Sebagai gantinya pengemudi harus menekan tombol paling atas yang ada di gear knob setiap menggeser tuas.
Akselerasi bisa di setel sesuai keperluan melalui CPU. Enaknya lagi, kalau mau kembali ke cara manual, tinggal tekan tombol di dashbord. Hal ini dapat dilakukan meski mobil dalam keadaan berjalan.
Keuntungan lainnya, produk bikinan korea ini juga masih bisa menggunakan sistem engine breake. Meski pedal rem ditekan habis dan posisi tuas masuk gigi, mesin enggak bakalan mati. Selain itu, meski masuk gigi 1 dan mesin dalam keadaan stasioner, tanpa menekan pedal gas mobil tetap bisa berjalan pelan. Diklaim hal ini bisa bikin mobil lebih irit bahan bakar saat menghadapi kemacetan.
Asyiknya peranti ini juga dilengkapi tombol untuk mengerem mobil saat tanjakan. cara kerjanya mirip rem parkir. Saat mobil berhenti di tanjakan dengan posisi gigi 1, cukup tekan tombol, mobil akan berhenti. Jika mau jalan tinggal, injak gas lagi. Kalau mobil mau di jual, perangkat ini bisa dilepas dan di pindahkan ke mobil baru. Ayo dipilih! PILOT

Diambil dari :
Tabloid OTOMOTIF, 17 juli 2006




MOBIL APIK SEBELUM MUDIK
Untuk menambah kenyamanan saat mudik , pemilik mobil dapat menambah beberapa perangkat pada sistem transmisi, kaca, sampai jok mobil.
EASY MATIC dapat dipasang pada sistem transmisi manual bisa merasakan kenyamanan transmisi otomatis. Dengan begini kaki kiri dapat beristirahat lebih relaks, apalagi mengahadapi kemacetan saat mudik " tanpa perlu injak kopling tinggal oper gigi saja. Rem jga pakem karena Engine Break membantu. "Dia tidak merubah original mesin ataupun gear box," ujar Daniel S Martio, Operational Manager PT Prima Motor.

diambil dari :
Koran KOMPAS Klasika,
Senin, 9 Oktober 2006
KONVERSI MOBIL MANUAL KE EZ MATIC
EZ Matic : Konversi Transmisi Manual ke Matic
Written by Galih (http://www.situsotomotif.com)

Akibat banyaknya jalan yang menjadi titik kemacetan lalu-lintas, membuat banyak pemilik mobil bertransmisi manual ingin memiliki mobil bertransmisi matic agar berkendara menjadi tidak melelahkan dan lebih menyenangkan, Namun kendalanya mobil bukanlah sebuah kendaraan yang memiliki harga murah bagi kebanyakan orang, jadi tidak semuanya bisa dengan cepat membeli mobil, terutama yang bertransmisi matic. Tapi saat ini buat SO mania yang memiliki mobil bertransmisi manual telah dapat melakukan konversi jenis tranmisinya menjadi matic tanpa harus merubah transmisi originalnya dan tanpa harus mengeluarkan uang banyak seperti membeli mobil baru.

Seperangkat alat konversi transmisi ini bernama EZ Matic atau bisa juga disebut EasyMatic. EZ Matic sendiri merupakan sebuah sistem kopling otomatis multifungsi yang mampu mengubah transmisi manual menjadi matic dan dapat diaplikasikan pada semua jenis mobil yang bertransmisi manual, tanpa harus merubah transmisi orisinil mobil secara mekanikal.

Telah banyak pemilik mobil yang menggunakan EZ matic sebagai solusi aman dan nyaman dalam mengendarai mobil manual, karena memang perangkat ini sebenarnya sudah lama ada dan dikenal, karena telah hadir di Indonesia kira-kira sudah hampir 15 tahun.

Keunggulan
Bisa dibilang EZ Matic ini semacam transmisi Triptonic (semi automatic) dimana kopling yang seharusnya ada dikaki kiri pindah pengoperasiannya di girknob (Shift Knob). Selain itu pada sistem EZ Matic juga memiliki fitur switch mode yang bisa diletakkan disebelah kanan setir yang dapat berfungsi sebagai switch pengubah dari mode EZ Matic ke mode full manual seperti transmisi orisinilnya. Jadi apabila pengemudi bosan menggunakan mode automatic, transmisi dapat diubah kembali ke mode manual tanpa perlu melepas perangkat EZ Matic yang sudah terpasang.

Dengan menggunakan EZ Matic, pengemudi memang tetap harus melakukan perpindahan gigi melalui shift knob, akan tetapi tidak perlu menginjak pedal kopling untuk melakukannya, yang diperlukan hanya tinggal menekan tombol shift sebagai yang terdapat pada shift knob dari EZ Matic, lalu lakukan perpindahan gigi seperti biasa.

Menggunakan EZ Matic, juga bisa dipastikan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan yang bertransmisi full automatic dan tetap dapat memanfaatkan Engine Break (pengurangan kecepatan dengan bantuan putaran mesin) saat ingin memperlambat laju mobil, sehingga kanvas rem kendaraan tetap awet. Semua pekerjaan kaki kiri (menekan pedal kopling) akan dilakukan oleh perangkat ini dengan bantuan komputer yang canggih, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan umur kanvas kopling.

Berbeda dengan kendaraan bertransmisi full automatic ketika mobil mogok tidak bisa didorong untuk menghidupkan mesin mobil, maka untuk mobil transmisi manual yang memasang piranti EZ Matic, mendorng mobil tetap masih dapat dilakukan dengan hanya mengubah mode switch ke posisi manual, kemudian mobil didorong untuk menghidupkan mesinnya. Walaupun piranti ini dipasang didalam kompartemen mesin tapi tidak usah khawatir kalau piranti ini dapat rusak atau terendam air karena memang sudah didesain untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.

Pemasangan
Satu set komponen produk dari EZ Matic terdiri dari komponen berteknologi canggih, seperti penggerak/actuator (motor pegas cam, kopling-posisi sensor, silinder/peyangga kabel) unit pengontrol dengan CPU, tuas gear (tombol shift, tombol hill), mode switch, akselerasi/tombol pedal kopling, pipa hidrolik/kabel kopling pengikat kabel kelistrikan, fixing brackets, dan sensor kecepatan sebagai pilihan (optional).

CPU pada perangkat EZ Matic merupakan komponen yang mampu menganalisa RPM mesin dan kecepatan sinyal, fungsi pedal, pergerakan gear knob serta membantu kelistrikan motor dari komponen aktuator EZ Matic yang terpasang di ruang mesin untuk pengaturan pengoplingan dan tidak mengopling, jadi CPU merupakan otak / pengendali dari EZ matic. Remapping EZ Matic dari CPU pun harus dilakukan namun hanya perlu dilakukan selama 6 bulan sampai setahun sekali saja.

Untuk pemasangannya, antara mobil lansiran Asia dengan lansiran Eropa dan Amerika terdapat perbedaan. Dikarenakan mobil-mobil lansiran Asia memiliki mesin dengan sistem elektrikal yang tidak terlalu rumit dan sensitif, maka pengerjaannya hanya membutuhkan waktu 1 hari. Sedangkan untuk mobil-mobil lansiran Eropa dan Amerika membutuhkan waktu selama 2-3 hari dikarenakan perlengkapan elektriknya lebih sensitif, sehingga diperlukan kehati-hatian dan ketelitian lebih didalam pengerjaannya. Hal ini pun berimbas dengan ongkos pemasangan, dimana untuk mobil-mobil lansiran Asia harga yang dipatok sebesar 8.5 juta dan untuk mobil-mobil Eropa dan Amerika dipatok harga sebesar 10 juta.

Test Drive
Berbeda dengan mobil yang memakai transmisi full automatic dimana pada saat putaran mesin rendah, tarikan awal terasa berat dan mobil transmisi full manual yang memiliki jeda perpindahan gigi. Ketika SO ikut berkendara menggunakan mobil manual yang sudah memasang EZ Matic, SO merasakan tarikan awal menjadi lebih responsif, begitupun ketika mobil dipacu dalam putaran rendah hingga tinggi, pada saat perpindahan gir terasa tidak ada jedanya dan membuat laju mobil lebih halus dan responsif melesat.

EZ Matic memang dirancang secara khusus untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara untuk semua jenis mobil yang bertransmisi manual, karena tidak perlu adanya perubahan dibagian mesin ataupun girboks, transmisi mampu dibuat menjadi matic. EZ Matic mampu menggabungkan kelebihan mobil bertransmisi manual dan matic.



Apa sih keunggulan lain dari Easy Clutch??
Diambil dari http://www.sinarharapan.co.id/feature/otomotif/2002/05/1/oto2.html

JAKARTA - Bagi yang sudah terlanjur membeli mobil dengan transmisi manual, tidak usah berkecil hati dengan banyaknya mobil bertransmisi otomatis. Jangan juga iri bila pengemudi mobil sebelah tenang-tenang di saat macet, apalagi dalam waktu yang lama melakukan stop and go terus menerus.

Bila juga ingin santai dan nyaman saat berkendara, mengapa tidak dipikirkan untuk mengganti trasnmisi manual menjadi transmisi otomatis, kalau tidak ingin harus mengganti mobilnya sekalian.

Sebenarnya telah cukup lama menjadi tren untuk mengganti transmisi manual menjadi otomatis. Lihat saja di tabloid yang berkaitan dengan industri otomotif, banyak ditawarkan penggantian unit transmisi secara utuh dengan unit transmisi otomatis limpahan junkyard dari Singapura yang masuk ke Indonesia.

Tapi, selain mendapatkan barang hasil rekondisi, bagi yang masih menginginkan akselerasi secepat manual pasti akan sulit menerima lambatnya akselerasi transmisi otomatis.

Kalaupun tetap ingin akselerasi secepat manual, banyak yang harus dirubah, mesin misalnya. Tetapi ini pun pasti akan mengeluarkan biaya lagi yang pasti tidak kecil.

Alternatif lain, ingin nyaman dalam perjalanan tetapi juga tidak mengurangi akselerasi secepat manual. Dalam hal ini, dulu ada beberapa produk yang ditawarkan seperti Auto Clutch, Easy Clutch, Hand in Hand, Power Clutch, Twin Clutch. Tetapi memang tampaknya hanya Easy Clutch yang bertahan.

”Cara kerjanya Easy Clutch ini, hanya memindahkan fungsi kopling secara elektrik. Sedangkan cara kerja transmisi sendiri masih manual. Keuntungan lain, walaupun masuk gigi satu dan pedal gas tidak ditekan, mesin mobil tidak akan loncat dan mati,” ujar Suyono Yusuf dari Easy Clutch. Tapi begitu pedal gas ditekan sedikit, akan terasa mobil bergerak perlahan.

Manfaatkan Sensor
Cara kerja Easy Clutch ini memanfaatkan beberapa sensor yang diolah dalam Central Processing Unit (CPU). Kondisi mengemudi, baik itu kerja rem, kerja kopling dan putaran mesin diolah di CPU ini.
Kemudian ada yang disebut Actuator, yang tugasnya menerima perintah dari CPU untuk menekan maupun melepaskan sistem kopling. Terakhir yang juga merupakan bagian dari Easy Clutch adalah Change Mode Button.

Enaknya lagi, kalau biasanya dengan transmisi otomatis tidak ada engine brake yang memaksa rem bekerja keras. Di Easy Clutch masih terasa engine brake yang dapat di atur melalui Change Mode Button, sama seperti mengatur akselerasi.

”Engine brake yang dihasilkan pun tidak membuat penumpang terdorong ke depan. Bagi yang tidak memakai sabuk pengaman pun,” ujar Suyono.
Penumpang tidak terdorong ke depan secara mendadak, ban tetap mengigit aspal dengan baik. Ban juga tidak cepat habis,” ungkap Suyono seraya mengatakan bahwa kopling bekerja sehalus mungkin pada saat itu.
Halaman : [1]